Contact Form

 

[TUTORIAL BLOGGING] : Cara Mudah dan Cepat Mengubah Domain Blogspot.co.id Kembali ke Blogspot.com

マラン、2016年03月29日火曜日


[TUTORIAL BLOGGING] : Cara Mudah dan Cepat Mengubah Domain Blogspot.co.id Kembali ke Blogspot.com


皆、こんにちは!! 😁
今日は元気なの?
Pada postingan kali ini, lagi-lagi mimin akan berbagi sedikit pengetahuan seputar blogging. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara merubah kembali domain blogspot yang terganti. Check this out!



AFP - Holla bloggers! Sebelum kita bahas bagaimana cara agar domain kita kembali seperti semula, terlebih dahulu kita akan membahas kenapa pihak Google merubah domain blogspot menjadi domain lokal? Apa keuntungan dan kerugian para sobat bloggers terkait perubahan itu? Mari kita bahas.

        Beberapa waktu lalu mungkin kalian sempat dikejutkan dengan kebijakan pihak Blogger mengubah domain blogspot menjadi domain lokal (blogspot.co.id). Jika kalian rutin membaca artikel-artikel di google atau dinding Facebook atau di forum lainnya, hampir semua orang membicarakannya. Pada dasarnya, hal yang terpenting dalam perubahan ini adalah dampak bagi pengguna blogspot, tentu saja semua kebijakan memiliki dampak.

          Apakah kalian tahu? Walaupun blogspot mengubah domainnya menjadi .co.id, sebenarnya kerugian yang diterima tidaklah begitu parah. Hal ini sama saja dengan mengganti domain menjadi TLD dengan sedikit pengecualian.

Kerugian para bloggers setelah blogspot berubah menjadi blogspot.co.id

Salah satu dampak yang ditimbulkan dari dirubahnya domain menjadi domain lokal adalah dampak negatif kepada para bloggers. Tentu saja hal ini menjadi hal yang paling disoroti karena kita tahu pengguna blogspot sama banyaknya dengan pengguna media sosial pada umumnya. Ini adalah salah satu kerugian yang diterima para blogger saat blogspot mengubah domain menjadi domain lokal.

Kerugian utama adalah : Pagerank
Pagerank pengguna blogspot yang semula besar, akan menjadi nol. Katakan saja PR blog mu dulu sebelum domain dirubah mencapai angka PR 4, tetapi kemudian menjadi 0. Penyebabnya adalah karena backlink yang kalian tanam dulu adalah blogspot.com. Secara otomatis, ketika domain blog kalian tiba-tiba berubah, visitor atau pengunjung akan berkurang drastis karena pengunjung di luar Indonesia tidak akan terkoneksi kedalam blog milik kalian.

Keuntungan para bloggers setelah blogspot berubah menjadi blogspot.co.id

Keuntungan dalam hal ini adalah tidak terjadi duplikat konten yang berubah ekstensinya. Contohnya saja ketika pengunjung yang membuka blog kalian berasal dari Jepang, maka domainnya akan berubah menjadi blogspot.jp dengan domain utama tetap .com. Dan hal ini juga diperjelas oleh pihak Google yang mengatakan akan berupaya untuk mengurangi dampak duplikat konten.

Tidak mempengaruhi SEO. Beberpa postingan yang menjadi nomor 1 di mesin pencari tetao berada di posisi teratas. Hal ini diperkuat oleh data Google Analytic.

       Belum ada jawaban yang pasti mengenai alasan mengapa pihak Google melakukan perubahan ini, namun alasan yang paling masuk akal yang dapat dijadikan patokan adalah perubahan algoritma Google yang terjadi saat ini. Google sedang mengembangkan canonical untuk hasil pencarian yang jauh lebih baik. Nah, untuk kalian yang merasa rindu dengan domain .com, tidak perlu bersedih hati karena kalian masih dapat mengubahnya kembali.

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan :
1. Buka Dashboard pada blog milik kalian.
2. Pilih Template.
3. Pilih Edit HTML.
4. Temukan script <b:skin>. (Agar lebih mudah gunakan CTRL+F)
5. Setelah ditemukan, Copy Paste script berikut tepat di atas script <b:skin>.


<script type='text/javascript'>
var blog = document.location.hostname.split(".");
if (window.location.href.indexOf(".blogspot") > -1 {
if (blog[blog.length - 1] != "com") {
var ncr = "http://" + blog[0] + ".blogspot.com/ncr";
window.location.replace(ncr + document.location.pathname);
}
}
</script>

6. Pilih Simpan.


Catatan : 

Cara ini belum diketahui melanggar atau tidak TOS (Term of Service) Blogger. Belum ada penjelasan resmi dari pihak BLOGGER. Jadi cara ini dapat dikategorikan sebagai abu-abu. Mimin tidak bertanggung jawab jika nanti dikemudian hari ternyata cara ini melanggar TOS Blogger. Terima kasih.

Nah, sekian postingan kali ini. Semoga cara ini dapat bermanfaat. Kita berjumpa lagi pada postingan yang selanjutnya. じゃ、また!😉😉😉


Sumber :
Pribadi

Lokasi:

Jl. Universitas Brawijaya, Ketawanggede, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia

view large map

Total comment

Author

Aditiya Fajar Pamungkas

0   komentar/コメント

ボクのブログに読んで来てくれてありがとうございます。
Terima kasih sudah bersedia membaca blog ini. Jika berkenan silahkan tinggalkan komentar tentang kritik dan saran atau mungkin sapaan hangat. Semoga tulisan ini bermanfaat, baca postingan lainnya juga ya! ☺

Cancel Reply